The current Bet365 opening offer for new customers is market-leading bet365 mobile app You can get a free bet right now when you open an account.

Membidik Peluang Bisnis Generasi Millennials? Pastikan Anda Mengetahui Ini!

Membidik Peluang Bisnis Generasi Millennials? Pastikan Anda Mengetahui Ini!

Womanation, millennials adalah mereka yang lahir antara 1980-an dan 1990an. Sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya dan sangat sulit menjangkau mereka dengan pendekatan pemasaran tradisional, generasi ini mencuri perhatian indsutri pemasaran dunia dengan kefasihan mereka dalam dunia digital. Apakah Anda bagian dari Millennials, Womanation?

Gap Antar Generasi Millennials

Sebuah lembaga pemikir yang didirikan di Thailand pada Maret 2014 oleh Hakuhodo Inc. (Minato-ku, Tokyo; Masayuki Mizushima, President & CEO), perusahaan periklanan kedua terbesar di Jepang, Hakuhodo Institute of Life and Living ASEAN (“HILL ASEAN”), melakukan sebuah riset yang menyangsa generasi Millennials di Indonesia dan negara-negara Asean.

Dalam presentasi kedua HILL ASEAN berjudul “ASEAN MILLENNIALS” One Size Fits All? A Generation Gap in ASEAN” yang diumumkan di Jakarta pada 17 Mei 2017 tersebut, disebutkan bahwa generasi 1980an selalu membandingkan produk di dua platform pembelanjaan (online & offline) untuk mendapatkan barang yang terbaik. Mereka menjadikan fase perbandingan ini sangatlah penting.

Sementara, tendensi yang sama juga terjadi di dunia digital di mana generasi 1990an tidak memiliki kesenjangan antara dunia nyata dan virtual. Digital hanyalah bagian dari kehidupan sehari-hari mereka, sehingga mereka selalu menampilkan warna yang sesungguhnya. Pola belanja mereka tidak berhenti, bahkan setelah mereka belanja. Mereka cenderung berbagi pengalaman pascabelanja. Gaya belanja mereka tidak lagi linear, namun membentuk suatu lingkaran proses.

Womanation, Millennials ini tergolong generasi yang terbiasa dengan kecepatan dan kemudahan. Berbelanja jadi satu produk baru yang begitu mudah dilakukan dalam era generasi ini tumbuh. Karenanya, kecenderungan perilaku konsumtif sangat erat dengan generasi ini, terutama terkait produk lifestyle dan iming-iming diskon atau tawaran harga yang lebih murah.

Peluang Bisnis Untuk Menyangsa Millennials

Nah, sudah dapat kata kuncinya nih Womanation: Millennials, kecanggihan teknologi, belanja online, konsumtif, dan lifestyle. Berhubung generasi ini paling mudah disasar, pastikan Anda tidak melewatkan peluang bisnis dari kata kunci yang ada ya, Womanation!

 
1. Dropshipper. Anda pasti tidak asing dengan istilah dropshipper, kan? Disebutkan, jenis usaha ini berjualan produk tanpa memiliki stok. Jika ingin mencoba bisnis jenis ini, cukup cari teman atau kenalan supplier yang mau bekerja sama dengan Anda. Pastikan, Anda mengenal dengan baik tidak hanya supplier tersebut, tapi juga barang yang akan Anda jual. Ingat, karena Millennials lebih dominan menggunakan gadget mereka, pastikan Anda hanya memasarkan produk melalui aplikasi yang dijangkau oleh mereka, seperti Instagram. Pun, buat tampilan yang sangat menarik, tidak membosankan, dan tidak bertele-tele agar mereka melirik dagangan Anda.

2. Afiliasi. Cara lain menyangsa Millennials adalah dengan afiliasi. Secara umum, afiliasi tidak jauh berbeda dengan dropshipper. Namun, beberapa afiliasi biasanya memiliki produk atau stok barang. Pada sistem afiliasi, Anda bisa berkreasi dengan produk Anda sendiri sehingga dapat lebih menyalurkan kreasi dan kreativitas. Dengan demikian, keuntungan yang akan Anda peroleh pun makin bertambah. Seperti dropshipper, pastikan, Anda hanya melakukan penjualan menggunakan media yang sama, yaitu sosial media dan situs web.

 
Kunci Peluang Bisnis: Kenali Karakter Millennials

Womanation, pastikan Anda mengetahui karakteristik lainnya dari Millennials agar peluang bisnis Anda tepat sasaran. Beberapa contoh karakter dominan dari generasi ini adalah sebagai berikut.

1. Millennials cenderung berbelanja secara impulsif (spontan), apalagi sehabis gajian. Pastikan Anda gencar berpromosi di momen-momen ini dan jangan lupa sisipkan momen diskon.
2. Millennials cenderung menjadi pembelanja yang loyal terhadap merek yang mereka senangi (favorit), tetapi mereka tetap mempertimbangkan harga yang lebih bersaing. Pastikan Anda menjual produk yang kualitasnya tidak kalah dengan merek-merek ternama, dengan harga yang dapat dipertimbangkan oleh Millennials.
3. Millennials merupakan pengguna sosial media yang aktif. Mereka senang membeli produk dari merek yang aktif berinteraksi dengan mereka. Pastikan Anda melakukan strategi pemasaran yang efektif dengan mencantumkan review Millennials sangat percaya dengan promosi mouth-to-mouth dibanding endorse dari publik figur.

Sudah siap membuka peluang bisnis dengan menyangsa Millennials, Womanation?